Selasa, 02 Oktober 2012

Cara Membuat Barcode (QR Code)



2 Votes

Berikut pengalaman saya sewaktu mencari tahu tentang kegunaan dari software ‘barcode scanner‘ yang ada di Android Apps / Market. Setelah menginstall aplikasi ini, yang pertama kali ada dibenak saya dan yang harus saya coba adalah melakukan scanning pada barcode buku dan produk-produk makanan atau barang lainnya. Kemudian saya coba untuk
scan pada barcode buku: Gagal!
scan pada barcode minuman botol: Gagal!
scan pada barcode makanan ringan: Gagal!
Bingung juga nih, dari nama aplikasinya: barcode scanner, tetapi kok tidak bisa buat scan barcode? Masih penasaran. Untuk itu saya coba browsing dan membuat barcode sendiri.
Caranya mudah:
1. Klik link ini.
2. Pada text area, Text to embed in QR Code: Masukkan nama atau informasi apa saja yang kamu ingin tuliskan pada barcode tersebut.
3. Klik Create QR Code dan terakhir
4. Simpan Image dengan cara klik kanan pada gambar barcode tersebut dan Save Image As… (Browser Mozilla FF.)
Selesai deh.. Ini contoh barcodenya.

Dan ini hasil scanning melalui aplikasi ‘barcode scanner’:
Kesimpulan atau sekaligus review aplikasinya untuk model barcode yang bergaris-garis, aplikasi tersebut tidak dapat melakukan proses scanning dan hanya bisa untuk model QR Code

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

1 komentar:

Gan kalau bikin Barcode yang garis garis gimana?

Posting Komentar